Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Begini Peran DPMD Barito Timur Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Agustus 2020 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau DPMD Kabupaten Barito Timur, Barnusa menyampaikan beberapa peran instansinya dalam upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Peran ini disampaikan saat menjadi narasumber dalam Webinar bertema ekonomi kerakyatan sebagai kebangkitan ekonomi pada masa new normal yang digelar Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Sabtu 29 Agustus 2020.

"DPMD mengambil peran dalam peningkatan ekonomi kerakyatan melalui bidang pemberdayaan masyarakat dan salah satunya dengan pengembangan simpan pinjam perempuan (SPP) yang dikelola unit dana bergulir," ungkapnya.

DPMD telah melakukan evaluasi setiap kecamatan terhadap pengembangan SPP. Dia berharap SPP bisa membantu pemberdayaan pelaku UMKM perempuan melalui akses permodalan.

"Kami juga terus berupaya mendorong pemerintah desa agar mengembangkan badan usaha milik desa atau BUMDes," lanjutnya.

Barnusa menjelaskan BUMDes dapat dikembangkan dengan dana bagi hasil atau DBH, namun harus dengan legalitas yang jelas.

Sedangkan untuk pengembangan budidaya ayam ras petelur di desa, DPMD telah menjalin sinergitas dengan dinas pertanian untuk melakukan pendampingan kepada peternak.

DPMD, juga mendorong agar masyarakat yang mempunyai pekarangan atau halaman kosong, dapat memanfaatkan dengan baik untuk budidaya tanaman sayuran maupun beternak.

"Kami melakukan koordinasi dengan PKK agar program PKK kabupaten hingga desa dapat selaras dengan program dari DPMD," pungkasnya. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru