Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Program Pemerintah Desa Harus Berdayakan Masyarakat

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 23 September 2020 - 18:35 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sekretaris Kecamatan Dusun Timur, Ahmad Gazali membuka musyawarah rencana pembangunan desa atau musrenbangdes di Desa Haringen, Rabu, 23 September 2020.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Desa Haringen, Kepala UPT Puskesmas Tamiang Layang, babinsa, pendamping desa, BPD, aparat desa, tokoh masyarakat, serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Ahmad Gazali menyampaikan, sesuai Permendes Nomor 13 Tahun 2020, setiap program pemerintah desa diharuskan dapat memberdayakan masyarakat.

"Pemberdayaan dapat dilakukan salah satunya melalui program padat karya tunai desa atau PPKTD yang harus digalakkan dan difokuskan untuk menghidupkan ekonomi masyarakat di desa," katanya.

Ahmad Gazali mengatakan, PPKTD dapat direncanakan bersama untuk pembangunan desa dengan menggunakan tenaga kerja lokal desa sehingga warga yang menganggur atau kehilangan pekerjaan dapat memperoleh kesempatan kerja.

"Apalagi saat pandemi covid-19 ini, kami mengharapkan pemerintah desa dapat membantu perekonomian masyarakat melalui program," ucapnya.

Dia juga mendorong pemerintah desa untuk menggali potensi ekonomi. Dan untuk itu, masyarakat dapat dilibatkan dalam peningkatan ekonomi keluarga.

"Salah satu contohnya seperti pengembangan bebek atau itik petelur yang telah dilakukan desa lain. Selain untuk memenuhi kebutuhan di desa setempat, telur yang telah diolah seperti menjadi telur asin juga dapat dijual ke luar desa," katanya.

Sementara untuk membantu para siswa yang saat ini belajar menggunakan sistem online atau daring akibat dampak covid-19, diharapkan ada bantuan dari pemerintah desa.

"Kalau ada anggaran di desa, sebaiknya pemdes membantu menyediakan fasilitas internet gratis bagi pelajar yang akan mengerjakan tugas sekolah," pungkasnya. (BOLE MALO/B-11)

Berita Terbaru