Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tindak Tegas Pabrik Kelapa Sawit yang Tidak Bisa Jaga Limbahnya, Kata Anggota Dewan

  • Oleh Naco
  • 01 November 2020 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sekretaris Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Juliansyah menyarankan tindak tegas bagi pabrik kelapa sawit yang lalai dalam menjaga limbahnya hingga terjadi pencemaran.

Juliansyah menegaskan, limbah yang ada di pabrik hendaknya dikelola sesuai dengan standar. Pemerintah harus aktif melakukan pengawasan agar jangan sampai limbah yang dihasilkan itu justru merusak lingkungan sekitarnya.

"Apalagi seperti saat ini musim penghujan sangat rawan penampungan limbah itu meluap," kata Juliansyah, 

Berbicara mengenai sanksi, kata Juliansyah, tentunya bukan main-main. Bahkan ada sanksi pidana bagi perusahaan yang memang terbukti lalai maupun sengaja menyebabkan kebocoran limbah hingga mengakibatkan pencemaran di lingkungannya.

Pernyataan Juliansyah bukan tanpa alasan. Pasalnya, pencemaran lingkungan akibat limbah ini sudah berulang kali terjadi. Namun sayang selama ini belum bisa diungkap meski banyak makhluk hidup sekitarnya mati seperti halnya ikan.

"Maka dari itu, perusahaan kami minta jangan main-main, apalagi musim hujan ini harus ada langkah antisipasi," tegasnya.

Juliansyah juga meminta dinas terkait bisa berperan aktif melakukan pengawasan. Sehingga, tidak ada anggapan terjadi pembiaran.

"Persoalan limbah ini jangan dianggap biasa, karena jika meluap dampaknya luar biasa," tandasnya. (NACO/B-7)

Berita Terbaru