Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembuatan Kanal dan Embung untuk Penanganan Karhutla di Kobar Terus Digenjot

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 10 Maret 2021 - 15:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Tim Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus memantau percepatan pembuatan kanal dan embung di lokasi karhutla, Kelurahan Mendawai Seberang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Tim yang terdiri dari TNI Polri dan stakeholder lainnya rutin turun kelapangan, memastikan pembuatan embung berjalan maksimal. Sehingga segera dapat difungsikan untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan.

"Pembangunan kanal tersebut bermanfaat untuk mengalirkan air dari Sungai Arut ke areal yang rawan terjadinya kebakaran lahan, sehingga apabila terjadi Karhutla upaya pemadaman kebakaran dapat dilakukan lebih cepat," kata Danramil 1014 - 01/Arsel Lettu Inf Faturrachman yang turut turun ke lapangan memantau pembangunan embung, saat dikonfirmasi, Rabu, 10 Maret 2021.

Danramil mengungkapkan, bahwa pembangunan kanal di Mendawai Seberang tersebut, dilakukan atas kerja sama TNI - Polri, pemerintah daerah, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan warga masyarakat setempat. Proses pembangunan embung dibantu alat berat dan bergotong-royong.

"Dengan adanya embung - embung, maka lokasi pengambilan air untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan lebih dekat. Sebab sebelumnya, pemadaman Karhutla selalu terkendala air di lapangan," jelasnya.

Danramil berharap dan mengimbau kepada masyarakat, agar dapat menjaga dan mencegah terjadinya Karhutla. Dengan tidak membuka lahan denga cara dibakar.

"Dampak Karhutla ini sangat luas, baik secara ekosistem, ekonomi, kesehatan dan kehidupan masyarakat. Bahkan, ancamannya jelas bagi pembakar lahan akan di pidana," pungkasnya. (DANANG/B-5)

Berita Terbaru