Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Srikandi DPRD Gunung Mas Ingatkan Pentingnya Profil Desa

  • Oleh Magang 1
  • 24 Mei 2021 - 12:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Anggota DPRD Gunung Mas (Gumas), Nomi Aprilia mengatakan, profil desa/kelurahan sangat penting sebagai dasar dalam menyusun perencanaan dan program pembangunan di desa/kelurahan.

 “Mengingat pentingnya profil desa/kelurahan, saya meminta kepada pemerintah desa/kelurahan agar aktif memperbarui profil desa/kelurahan masing-masing, setiap tahunnya,” ujar Nomi, Senin 24 Mei 2021.

 Dia menuturkan, profil desa/kelurahan merupakan data menyeluruh mengenai karakter desa/kelurahan, yang meliputi data dasar keluarga, potensi sumber daya alam, sumber daya manusia, hingga permasalahan desa/kelurahan.

 Keberadaan profil desa/kelurahan menjadi dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembangunan, serta pemberdayaan masyarakat yang ada di desa/kelurahan. Ketersediaan data yang valid merupakan salah satu elemen penting dalam perencanaan pembangunan.

 Oleh sebab itu, keberadaan profil desa/kelurahan sangat penting dalam mendukung pelaksanaan kebijakan pemerintah. Adanya gambaran yang lengkap dari suatu desa/kelurahan akan memudahkan berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan.

“Saya mengimbau kepada pemerintah desa/kelurahan di Kabupaten Gumas agar aktif dalam memperbarui profil desa/kelurahan masing-masing,” tukasnya. (MAGANG/B-5)

Berita Terbaru