Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Akademisi Ingatkan Pentingnya Mengajarkan Pendidikan Akhlak pada Anak

  • Oleh ANTARA
  • 13 November 2021 - 09:15 WIB

BORNEONEWS, Purwokerto - Akademisi dari UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri (UIN SAIZU) Purwokerto Muridan mengingatkan pentingnya memberikan pendidikan akhlak bagi anak sejak usia dini agar mereka nantinya terbiasa berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai agama.

"Penanaman akhlak sejak dini pada anak akan membantunya berperilaku yang sesuai dengan nilai-nilai agama, agar dapat selamat baik di dunia maupun di akhirat," katanya di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Jumat.

Karena itu, menurut dia, peringatan Hari Ayah Nasional setiap 12 November dapat menjadi momentum yang tepat untuk mengingatkan kembali peran ayah dalam pengasuhan dan tumbuh kembang anak, termasuk dalam memberikan pendidikan akhlak.

"Sosok ayah adalah sosok yang luar biasa. Dalam konteks agama posisi ayah adalah pemimpin dalam keluarga. Sebagai pemimpin ayah dibebani tanggung jawab yang berat yaitu melindungi, mendidik, dan mengajarkan akhlak yang baik terhadap anak-anaknya," katanya.

Kepala Laboratorium Fakultas Dakwah UIN SAIZU itu menjelaskan bahwa ayah berperan penting dalam mendidik dan mengawal perkembangan anak.


"Mendidik anak bukan hanya menjadi tugas dan tanggung jawab ibu, tetapi menjadi tugas bersama seluruh personel di dalam keluarga termasuk ayah," katanya.

Dia menambahkan bahwa keluarga adalah lingkungan pendidikan pertama dan utama bagi anak-anak.

"Mengawal dan mendidik anak sebenarnya bukan hanya dilakukan saat anak telah terlahir ke dunia hingga dewasa, tetapi seharusnya telah dimulai sejak awal, saat anak masih dalam kandungan," katanya.

Dia menambahkan bahwa mengawal pendidikan anak saat masih dalam kandungan memang lazim dilakukan oleh ibu, tetapi sebenarnya ayah juga dapat berperan.

"Misalkan saat kelahiran anak, sosok ayah memiliki peran tanggung jawab yang lebih besar dari sebelumnya. Peran tersebut adalah mendidik dan mengawal perkembangan anak. Sosok ayah menjadi pelengkap atas apa yang telah dilakukan oleh ibu. Tidak boleh sosok ayah membiarkan ibu berjuang sendirian sementara ayah hanya mengambil peran sebagai pencari nafkah," katanya.

Dia menambahkan sosok ayah harus dapat menjadi teladan yang baik bagi keluarga, khususnya anak-anak.
 

ANTARA

Berita Terbaru