Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Petani Nanas di Desa Mintin Keluhkan Sulitnya dapat Pupuk

  • Oleh Magang 3
  • 30 November 2021 - 17:36 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Melihat permintaan nanas di pasar untuk saat sedang mengalami peningkatan, namun yang menjadi kendala bagi petani nanas di Desa Mintin, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau saat ini sedang mengalami kesulitan mendapatkan pupuk.

Tidak hanya petani nanas yang ikut kelompok, namun untuk perorangan juga sulit mendapatkan pupuk, Selasa 30 November 2021

Saat ini persediaan nanas sedang kosong, karena masih ada sebagian petani yang masih menunggu panen. Kendati begitu bagi para petani untuk menghasilkan kualitas nanas yang baik perlu adanya ketersediaan pupuk yang cukup.

Seperti yang dialami salah satu petani di Desa Mintin. Akibat sulit mendapatkan pupuk sehingga nanas yang dihasilkan tidak semuanya besar - besar.

"Makanya petani sekarang cari pupuknya yang susah. Kadang-kadang nanas ini kekuatannya di pupuk. Kalau pupuknya kurang otomatis nanasnya kecil sulit besar. Untuk pupuk yang digunakan pupuk urea dan poska," ucap Imas (43) petani nanas di RT 8 Desa Mintin.

Dia mengatakan hampir semua petani nanas disini kesulitan pupuk. Selain pupuk yang sulit, obat untuk menyemprot kumpai atau rumput harganya juga naik, katanya.

Dia berharap semoga untuk petani disini bisa mendapatkan pupuk lagi dan banjir dikebun cepat kering. Karena di musim hujan saat ini kebun banyak yang terndam. Untuk didaerah sini tanahnya cuma bisa ditanami nanas dan singkong.

"Kalau banjirnya tidak surut singkong banyak yang rusak. Kalau nanas dibanjir masih kuat. Cuma pupuknya tidak berfungsi," tutupnya. (MAGANG 3/B-11)

Berita Terbaru