Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Permintaan Terus Meningkat, Tapi Petani Nanas di Desa Mintin Banyak yang Kosong

  • Oleh Magang 3
  • 30 November 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Saat ini permintaan nanas di pasar sedang mengalami peningkatan, namun saat ini banyak petani di Desa Mintin, Kabupaten Pulang Pisau belum bisa memanen nanasnya.

Saat ini para petani nanas di Desa Mintin hanya bisa memenuhi permintaan pasar seadanya. Meski setiap petani nanas di sini sudah memiliki pasarnya masing-masing, tapi masih belum bisa memenuhi permintaan pasar.

"Setiap panen nanas 1 tahun sekali. Untuk selama ini sudah 10 bulan baru dikarbit supaya keluar buah nanasnya. Untuk penanam melihat luas kebunnya kalau jaraknya agak lebar untuk 1 hektare bisa ditanam 20.000 batang yang ditanam," ucap Imas (43) petani nanas Desa Mintin.

Dia mengatakan setiap habis panen biasanya tinggal melanjutkan, biasanya setiap pohon nanas itu tumbuh 3 bibit atau anak. Jadi untuk saat ini sebagian tinggal nunggu anaknya.

"Untuk harga nanas saat ini turun naik. Sekarang nanas agak kosong. Kalau untuk 10.000 batang pohon panennya bisa dapat 4 ton untuk nanas yang besar ini," ucapnya.

Dia mengatakan penjualan nanas biasanya dikirim ke Banjarmasin, Palangka Raya, dan Pangkalan Bun. Nanas ini mudah jualnya banyak pelarian. Biasanya jika kirim ke Palangka Raya bisa kirim 200 sampai 400 buah tergantung pesanan, dan juga persediaan nanas. (MAGANG 3/B-11)

Berita Terbaru