Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kantin Sekolah Harus Diawasi Secara Berkala

  • Oleh Naco
  • 09 Februari 2022 - 08:21 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Wakil Ketua DPRD Kotawaringin Timur, Rudianur meminta agar Dinas Kesehatan Kotim bersama dengan Dinas Pendidikan Kotim bekerja sama untuk melakukan pengawasan terhadap kantin dan makanan di setiap sekolah.

Langkah ini untuk menghindari terjadinya kejadian keracunan hingga makanan yang tidak sehat beredar di sekolah.

“Harus ada pengawasan terhadap kantin - kantin sekolah, apakah sudah memenuhi ketentuan dari kesehatan atau tidak," katanya, Selasa, 8 Februari 2022.

Cara ini kata dia supaya bisa memberikan kepastian bahwasanya kantin yang ada di dalam lingkungan sekolah, di bawah pengawasan pemerintah dan aman dikonsumsi oleh siswa.

Pengawasan terhadap makanan dan kantin di sekolah merupakan bagian dari suksesi program pemerintah untuk menuju masyarakat yang sehat dan SDM yang unggul. 

“Kalau anak - anak sakit - sakitan bagaimana SDM ingin unggul. Artinya ini saling berkaitan,” tukasnya. Sekolah harus memastikan makanan yang beredar dilingkungannya sehat dan aman, sehingga orang tua juga tidak khawatir makanan di sekolah dikonsumsi anak mereka. 

Karena di luar sangat riskan ditemui penjual jajanan anak yang masih mengabaikan sisi kesehatan dan kelayakan konsumsi.

Rudianur menyarankan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) harus turun aktif ke sekolah agar mereka dapat turut mengawasi, terutama untuk jajanan di sekolah. Apalagi di BPOM ada program jajanan anak sehat (PJAS). 

Program itu mesti diterapkan untuk menuju kantin dan jajanan sehat di sekolah di Kabupaten Kotawaringin Timur. (NACO/B-6)

Berita Terbaru