Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Terus Maksimalkan Potensi Ekspor Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 18 Maret 2022 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) dan Dinas Koperasi dan UMKM setempat terus berupaya memaksimalkan potensi unggulan daerah untuk diekspor di Kalteng.

Seperti yang baru-baru ini dilakukan oleh Didagperin bersama Dinas Koperasi dan UMKM serta pihak terkait lainnya melakukan peninjauan ke salah satu eksportir Kalteng di Palangka Raya yakni eksportir kayu Gaharu Agarwood Store B.A.J.

"Menurut pengakuan pihak eksportir kayu Gaharu, Agarwood Store B.A.J itu mereka telah merambah beberapa negara terutama di kawasan timur tengah dan asia, serta setiap bulan kapasitas produksi rata-rata yaitu mencapai 10 ton, tentu ini sangat menjanjikan," kata Kepala Disdagperin Kalteng, Aster Bonawaty, Jumat, 18 Maret 2022.

Dikatakannya, dalam upaya memaksimalkan dan mendukung potensi ekspor kayu gaharu itu, pihaknya siap mendampingi dan memberikan sejumlah fasilitas kepada Agarwood Store B.A.J, seperti mengikutsertakan dalam beberapa event nasional pengembangan ekspor, diantaranya kegiatan Design Dispact Service dan Trade Ekspo Indonesia.

"Kami siap mendampingi dan memberikan sejumlah fasilitas kepada pelaku usaha ekspor kayu gaharu ini, seperti mengikutsertakannya dalam beberapa event nasional pengembangan ekspor," ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga siap memberikan layanan administrasi surat keterangan asal selama 24 jam nol rupiah, layanan konsultasi dan bimbingan teknis, layanan rumah kemasan hingga bantuan pengadaan peralatan produksi yang diperlukan untuk semakin meningkatkan nilai tambah produk yang dihasilkan tersebut.

"Untuk kelanjutannya, saya sudah perintahkan Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri untuk melakukan diskusi teknis secara lebih komprehensif untuk kemajuan ekspor kayu gaharu tersebut terutama peningkatan nilai tambah produk hingga program hilirisasi dan diversifikasi produksi guna peningkatan perekonomian Kalteng," imbuhnya.

Tidak hanya itu, Didagperin bersama pihak terkait lainnya juga terus berupaya menggali potensi ekspor yang ada di Kalteng ini, sehingga hal itu nantinya akan memberikan dampak positif pada pengembangan usaha masyarakat terutama eksportir, dan peningkatan kesejahteraan serta PAD. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru