Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemprov Kalteng Panen Padi BTS di Barito Timur

  • Oleh Donny Damara
  • 28 Maret 2022 - 22:41 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemprov Kalteng melakukan panen padi budidaya tanaman sehat (BTS) variates inpari 30 di Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur.

Kepala Dinas TPHP Kalteng, Riza Rahmadi mengungkapkan pelaksanaan panen padi dengan luasan panen 100 hektare sehamparan. Lokasi panen tepatnya di Gapoktan Serai Serumpun, Kelurahan Ampah Kota, Kecamatan Dusun Tengah, Kabupaten Barito Timur.

"Dalam panen waktu itu hadir juga Direktur Perlindungan Tanaman Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI, bapak Takdir Mulyadi. Panen padi itu merupakan dari hasil budidaya BTS," ucapnya, Senin 28 Maret 2022.

BTS menggunakan konsep penggunaan pupuk dan pestisida nabati yang sangat ramah lingkungan, sehingga bukan hanya jumlah produksi yang didapatkan, namun juga kualitas padi dapat terpenuhi dan yang paling penting aman dan sehat dikonsumsi.

Dari hasil produksi padi BTS di Kabupaten Barito Timur tersebut ubinan padi BTS yakni mencapai 5.568 ton/ha. Yang mana budidaya itu diatas 100 hektare lahan milik masyarakat dan program itu akan terus dikembangkan.

"Supaya ke depan dalam hal produksi padi, tiga aspek terpenuhi yaitu produksi yang tinggi, aman dan sehat dari segi kesehatan, serta ramah lingkungan," pungkasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru