Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Harap Capaian PAD Kalteng Terpenuhi

  • Oleh Donny Damara
  • 29 Maret 2022 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Lohing Simon berharap capaian pendapatan asli daerah (PAD) Kalteng pada tahun 2022 dapat terpenuhi sesuai dengan target.

Pasalnya, PAD memilki peranan penting untuk memperlancar jalannya pembangunan daerah. Sebab, PAD merupakan salah satu penopang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang harus bisa dimaksimalkan.

"Saat ini kondisi pandemi Covid-19 sudah mulai membaik, jadi ini momentum bagi pemerintah daerah untuk memaksimalkan atau meningkatkan PAD dari berbagai sektor," ujarnya, Selasa, 29 Maret 2022.

Selain itu, dalam upaya meningkatkan PAD tersebut, dirinya menyarankan agar setiap peraturan daerah (Perda) dilakukan peninjauan kembali apakah masih relevan atau tidak untuk menarik pungutan PAD, baik dari sektor pertambangan minerba, perkebunan, dan lain-lain.

Dijelaskannya, tahun 2022 target PAD Kalteng lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya. Oleh karenanya, Pemprov Kalteng harus dapat memperhatikan beberapa hal terkait agar potensi penghasil PAD itu dapat dimanfaatkan secara maksimal.

"Seperti persiapan atau kejelasan mengenai indikator, dan kelembagaan atau payung hukum yang mengatur itu, sehingga target PAD tersebut bisa terpenuhi," tuturnya.

Dirinya berharap, koordinasi dan juga sinergitas Pemprov Kalteng dengan stakehokder terkait lainnya agar bisa terus ditingkatkan, guna untuk bersama-sama bekerja lebih keras lagi demi mencapai target PAD itu.

"Sumber PAD Kalteng tergolong cukup banyak, tentu dengan kebijakan yang tepat dalam hal realisasinya bukan tidak mungkin target PAD bisa dicapai dengan baik oleh pemerintah, kami akan terua memberikan dukungan untuk itu," tukasnya. (DONNY D/ B-7)

Berita Terbaru