Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemda Diminta Pelihara dan Jaga Situs Bersejarah Suku Dayak di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 03 April 2022 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mengatakan di Kalimantan Tengah ada begitu banyak situs bersejarah peninggalan suku Dayak terdahulu yang perlu dijaga dan dilestarikan.

Dalam menjaga dan melestarikannya tentu memerlukan peran semua pihak terutama pemerintah. Oleh karena itu Kuwu meminta kepada Pemerintah daerah (Pemda) di Kalteng melalui Disbudpar supaya dapat menjaga situs bersejarah suku Dayak yang ada di Kalteng ini.

"Ada banyak situs bersejarah peninggalan suku Dayak yang perlu mendapat perhatian dari pemda untuk memelihara atau melestarikannya kembali. Karena kita tidak bisa begitu saja melupakan apa yang sudah menjadi sejarah berdirinya provinsi ini," katanya, Minggu 3 April 2022.

Politisi Partai Gerindra yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPRD Kalteng ini menjelaskan, situs bersejarah peninggalan suku Dayak sangat penting untuk tetap dijaga dan dilestarikan, sebab hal itu merupakan salah satu upaya untuk menghormati perjuangan nenek moyang terdahulu dalam memperjuangkan berdirinya daerah ini.

Selain itu melestarikan situs bersajarah yang ada juga supaya kedepan anak cucu yang akan datang dapat mengetahui apa saja peninggalan sejarah yang dimiliki Kalteng, sehingga tidak ada generasi penerus terutama orang dayak yang tidak mengetahui sejarah daerah di mana tempat kakinya berpijak.

"Situs bersejarah yang kita miliki di Kalteng ini jangan sampai hilang ditelan perkembangan zaman, semua pihak harus bisa menjaga dan melestarikan itu, supaya apa yang sudah menjadi jati diri maupun ikon daerah ini bisa tetap berdiri dan menjadi kebanggaan kita sebagai suku dayak," tukasnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru