Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kecanduan Rokok pada Anak Perlu Diwaspadai

  • Oleh Donny Damara
  • 14 Juni 2022 - 19:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng dari Komisi III, Sri Neni Trianawaty mengatakan kecanduan rokok pada anak perlu diwaspadai oleh para orang tua maupun pihak sekolah disatuan pendidikan.

Berdasarkan riset ada 32,1 persen anak sekolah, rentang usia 10-18 tahun di Indonesia dinyatakan sebagai perokok aktif atau ketagihan merokok.

Oleh karenanya pengawasan dan pemantuan terhadap para siswa terutama murid laki-laki yang mendominasi terbanyak sebagai pecandu rokok.

"Awalnya hanya didasari dengan mencoba-coba, selanjutnya terbawa oleh suasana lingkungan sekitar, kemudian menjadi kebiasaan. Sangat disayangkan usia terbilang muda sudah harus menjadi seorang pecandu rokok. Untuk itu saya meminta kepada pengajar di sekolah, para siswa diberi pengawasan ekstra agar tidak salah jalur dalam menempuh pendidikan," katanya, Selasa, 14 Juni 2022.

Dijelaskannya, pendidik atau guru merupakan orang tua pertama di sekolah, dengan sendirinya peran serta pengawasan dilakukan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang para siswa yang ada di sekolah. Sebab, memasuki tahap peremajaan anak-anak memiliki rasa penasaran serta keingintahuan untuk mencoba sesuatu sangatlah tinggi.

Selain itu sinergi bersama orang tua dirumah pun harus ditingkatkan, terutama dalam memonitoring setiap aktivitas anak. Mulai dari pergaulan, lingkungan, serta aktivitas yang dikerjakan anak setiap harinya.

Diharapkan melalui sinergi ini, orang tua dan guru bisa maksimal dalam membimbing dan mengembangkan karakter anak ke arah yang lebih baik.

"Mari bersama menjaga aktivitas dan kesehatan sang anak, karena merekalah calon penerus bangsa kedepannya. Lakukan pengawasan dengan semaksimal mungkin agar siswa atau anak tidak salah dalam mengambil langkah dalam pergaulan, kita dorong mereka agar menjadi anak-anak yang berguna bagi nusa dan bangsa," tandasnya. (DONNY D/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru