Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bersinergi Wujudkan Nilai SAKIP dan RB Lebih Baik

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 08 Juli 2022 - 12:51 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau, Hendra Lesmana secara resmi membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Impelemtasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) bagi Sekda dan seluruh Kepala SOPD.

Bimtek itu juga dihadiri oleh Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur, dan Pengawasan Wilayah II Kemenpan RB Budi Prawira.

Bimtek digelar untuk dapat mewujudkan komitmen kuat dalam meningkatkan nilai SAKIP dan RB Kabupaten Lamandau.

“Pemerintah yang mampu menjalankan SAKIP yang telah diamanatkan, maka segala aktivitas dan kegiatan pemerintahan dapat dipertanggungjawabkan secara akuntabel dan pemerintahan yang bersih dan melayani masyarakat dapat dicapai,” ungkap Bupati Hendra, Jumat 8 Juli 2022.

Sehingga pada akhirnya akan memperoleh nilai SAKIP maupun RB yang memuaskan. Pencapaian inilah yang menjadi ekspektasi Pemerintah Kabupaten Lamandau.

“Bimtek SAKIP sekaligus RB sebagai bentuk upaya dalam rangka reformasi birokrasi menciptakan pemerintah daerah yang akuntabel dan berorientasi hasil,” bebernya.

Hal ini sejalan dengan misi pertama yaitu mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme.

Berdasarkan hasil evaluasi SAKIP dan RB tahun 2021 oleh Kemenpan RB, Pemkab Lamandau memperoleh predikat B dan predikat CC. Sedangkan untuk tahun 2023, Pemkab Lamandau menargetkan indikator nilai SAKIP berpredikat BB.

“Kita harus saling bersinergi untuk dapat meningkatkan nilai SAKIP dan RB tahun 2023. Saya menghimbau kepada semua kepala OPD, dan seluruh peserta bimtek sakip agar mengikuti dengan sungguh-sungguh seluruh kegiatan bimtek ini sampai dengan selesai dan manfaatkan transfer knowledge dari para narasumber,” tegasnya. (HENDI NURFALAH/B-6)


TAGS:

Berita Terbaru