Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Penyelesaian Lahan Bandara Tira Tangka Balang Dilakukan Bertahap

  • Oleh Trisno
  • 11 Juli 2022 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Penyediaan lahan untuk pembangunan Bandara Tira Tangka Balang dilakukan secara bertahap dan teris dilakukan proses identifikasi kepemilikan lahan dan koordinasi dengan pihak pihak terkait.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Murung Raya (Mura) Putu Suranta saat dibincangi awak media di ruang kerjanya, Senin kemarin.

Menurutnya sampai saat ini kelengkapan dokumen sebagai persyaratan kelanjutan pembangunan Bandara TTB telah rampung atau clear and clean (CNC).

“Semua kelengkapan dokumen tanah (sertifikat.red) untuk pembangunan Bandara TTB seluas 1.400 m² sudah kita sampaikan kepada pihak Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan,” kata Putu Suranta.

Sebelumnya dia menjelaskan rencana awal penyediaan tanah lokasi untuk pembangunan bandara yang berada di wilayah Desa Bahitom Kecamatan Murung ini adalah seluas 1.600 m² namun karena beberapa faktor teknis dan non teknis, pihaknya melakukan penciutan luasan lahan sesuai koordinasi yang telah di lakukan dengan pihak Direktur Jenderal Perhubungan Udara.

“Penyediaan lahan kita lakukan bertahap, sesuai kebutuhan pembangunan dan pengembangan berdasarkan rencana induk, menjadikan Daerah Kepentingan Lingkungan (DLKp), Kawasan Keselamatan Operasi Penerbangan (KKOP), serta tersedianya aksesibilitas dan utilitas (SNO),” jelas mantan Camat Tanah Siang ini lagi.

Penyesuaian serta penyediaan lahan yang bertahap tersebut menjelaskan kembali bahwa Bandara Tira Tangka Balang ini nantinya akan di fokuskan untuk melayani penerbangan khusus untuk pesawat komersil atau pesawat penumpang jenis ATR.

“Pesawat jenis ATR lah menjadi layanan transportasi udara di Murung Raya kedepan, ATR ini merupakan pesawat (penumpang.red) yang melayani regional jarak pendek,” tutupnya. (Trs)

Berita Terbaru