Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belum Lunas, Truk Sampah Milik Pemkab Pulang Pisau Ditarik Dealer

  • Oleh Asprianta
  • 25 Juli 2022 - 06:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Pengelolaan sampah di Kabupaten Pulang Pisau dinilai belum maksimal. Selain dinilai masih rendahnya kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya, juga disebabkan lambatnya dalam penanganan dan pengelolaan sampah pada Tempat Pembuangan Akhir (TPA) juga menjadi kendala.

Hal itu diakui Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pulpis Juman, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Bahan Berbahayan Beracun, DLH setempat Irwansyah.

"Selain kurangnya kesadaran masyarakat dengan membuang sampah pada tempatnya. Armada yang digunakan dalam pendistribusian sampah ini juga dinilai sangat kurang," ungkap Irwansyah.

Ia mengungkapkan, belum lama ini Pemkab Pulang Pisau telah melakukan menambah armada angkut sampah dalam rangka memaksimalkan pengelolaan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Namun, saat ini armada berupa truk angkut sampah itu yang merupakan pengadaan tahun 2021, ditarik dealer kembali dengan alasan bulum melunasi pembayaran.

"Ya diminta kembali oleh Dealer karena belum melakukan pelunasan," ucapnya.

Untuk tahun 2022, lanjutnya, dalam memaksimalkan penanganan sampah di wilayah Pulpis, pihaknya juga telah melakukan usulan penambahan armada kembali.

Selain itu, pihak DLH juga berencana untuk melakukan perbaikan terhadap 2 truk angkut sampah yang tersedia.

"Untuk perbaikan masih menunggu keputusan apa bisa atau tidak. Karena truck yang tersedia saat ini sudah tidak layak oprasional," ungkapnya. 

Selain itu pihak DLH beberapa waktu lalu telah melakukan koordinasi bersama organisasi perangkat daerah terkait seperti Dinas PUPR, Satpol PP, Kecamatan, Desa dan Kelurahan yang ada di Kecamatan Kahayan Hilir untuk memetakan potensi permasalahan persampahan termasuk pelaksanaan rencana tindak lanjut.

Berita Terbaru