Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Harapan Camat Bataguh kepada Mahasiswa KKN Kebangsaan di Desa Sei Jangkit

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 29 Juli 2022 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Mahasiswa peserta KKN Kebangsaan bersama aparatur Desa Sei Jangkit, Kecamatan Bataguh meninjau langsung lokasi tambak kolam ikan patin di Desa Sei Jangkit RT 03, Kecamatan Bataguh, Kabupaten Kapuas.

Camat Bataguh, Syuryadin berharap, mahasiswa tersebut dapat membantu meningkatkan roda pemerintahan desa dan berdayakan warga dengan ilmu pengetahuan yang sudah didapat.

"Sekaligus belajar dan mengimplementasikannya di Kecamatan Bataguh khususnya di wilayah Desa Sei Jangkit," kata Syuryadin, Jumat, 29 Juli 2022.

"Ini diharapkan bisa membantu mengembangkan dan transfer ilmu yang dimiliki mahasiswa," ucapnya.

Adapun salah satu program kerja dari kelompok KKN kebangsaan di Desa Sei Jangkit adalah, membantu petambak untuk dapat mengolah ikan patin menjadi nilai jual yang tinggi dengan memberikan pelatihan cara membuat ikan patin mentah menjadi wadi ikan patin dan otak-otak ikan patin.

Ketua kelompok KKN Kebangsaan di Desa Sei Jangkit, Miftah Fauzi Sobar berharap, pelatihan pembuatan ikan patin menjadi wadi ikan patin dan otak-otak ikan patin 
dapat menambah keterampilan masyarakat sekitar.

"Sehingga dapat membuka UMKM dan pekerjaan baru yang dapat menjadikan Desa Sei Jangkit menjadi desa yang makmur dan mandiri," ucapnya.

Sementara itu, Pj Kepala Desa Sei Jangkit Sariman mengutarakan bahwa apa yang dilakukan para mahasiswa KKN kebangsaan merupakan suatu inovasi atau terobosan untuk meningkatkan hasil penjualan. Kemudian menumbuhkan minat dari masyarakat sekitar, khususnya Desa Sei Jangkit untuk membangkitkan produk unggulan di desa.

Menurut pemilik tambak ikan patin di Desa Sei Jangkit selama ini, pengelolaannya hanya langsung di jual mentah ke pasar-pasar. (DODI RIZKIANSYAH/B-7)

Berita Terbaru