Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfo Kotim Berharap Dua Desa Ini Jadi Percontohan Desa Anti Korupsi

  • Oleh Noor Annisa
  • 13 September 2022 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Pihak Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) berharap dua desa yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) yakni Desa Mekar Jaya dan Desa Beringin Tunggal Jaya Kecamatan Parenggean terpilih sebagai calon percontohan desa anti korupsi.

Diskominfo Kotim siap menggiring dua desa yang menjadi nominasi itu dalam hal informasi dan teknis di lapangan untuk memenuhi salah satu indikator yang dinilai.

"Salah satu implementasinya desa harus memiliki web resmi, dan dua desa ini sesuai arahan Kementrian Kominfo sebelumnya memang sudah kita fasilitasi ke arah sana," jelas Kepala Diskominfo Kotim, Multazam, Selasa, 13 September 2022.

Penyelenggaraan kegiatan percontohan desa anti korupsi diinisiasi oleh Komisi Penanggulangan Korupsi (KPK). Sedangkan pengumpulan data, perhitungan rangkingnya dilakukan oleh inspektorat provinsi.

Dia melanjutkan, untuk tersedianya web desa, Kementrian Kominfo memfasilitasi secara gratis dan dinilai sangat mudah karena pengurusannya tidak perlu jauh hanya dengan metode digital saja.

"Hanya membayar biaya domain sebesar Rp 55.500 untuk satu tahun. Jadi hanya belanja domainnya saja karena domain itu memang ada yang mengelola," terangnya.

Kemudian terkait dengan pelatihan, syarat dan ketentuan agar mempermudah pihak desa, Diskominfo akan berkoordiinasi dengan BPMD. "Tekniknya nanti supaya efisien dan efektif kami akan atur," ujarnya.

Nantinya, ada tiga desa yang dipilih dan ditetapkan menjadi percontohan desa anti korupsi di Kalimantan Tengah. Kabupaten Kotim merupakan salah satu dari tiga kabupaten. Yakni ada dua desa yang masuk nominasi dalam desa percontohan antikorupsi tersebut. (NOOR ANNISA/B-7)

Berita Terbaru