Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Pariwisata Kobar Gelar Pelatihan Tingkatkan SDM Pemandu Wisata

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 14 September 2022 - 21:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dinas Pariwisata Kabupaten Kotawaringin Barat menggelar pelatihan pemandu wisata dalam raangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata yang dilaksanakan di Hotel Kecubung, Kota Pangkalan Bun.

Kepala Dinas Pariwisata Kobar Wahyudi mengatakan Kobar menjadikan pariwisata sebagai sektor unggulan dalam pembangunan daerah, maka dengan itu pihaknya akan terus melakukan pengembangan di sektor pariwisata.

"Pengembangan tersebut tidak hanya fasiltas dan insfrastruktur, tentu harus di imbangi dengan pengembangan SDM di bidang pariwisata tersebut," Kata Wahyudi, Rabu, 14 September 2022.

Dijelaskannya, pemandu wisata ini memiliki peran penting dalam dunia pariwisata karena pemandu wisata harus bisa berkomunikasi dengan wisatawan dan bisa merepresentasikan lokasi wisata tersebut, sehingga kemampuan pemandu wisata dalam menyajikan informasi ini juga berpengaruh besar pada antusiasme wisatawan.

"Kita menyadari pentingnya pemandu tersebut, maka kita adakanlah pelatihan pemandu wisata ini, dengan tujuan agar pemandu wisata dapat memahami konsep dasar kepemanduan, dan bisa menjadi seorang pemandu wisata yang profesional," tuturnya.

Menurutnya pariwisata Kobar saat mulai kembali bangkit pasca pandemi Covid-19 selama 2 tahun, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya wisatawan mancanegara maupun lokal yang mulai berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP).

"Kami berharap para peserta mampu menerapkan teori-teori dasar kepemanduan sekaligus bisa memberikan pelayanan prima kepada wisatawan, sehingga wisatawan merasa puas dan akan kembali lagi ke Kobar," harapnya.

Pelatihan pemandu wisata ini diselenggarakan selama 2 hari mulai 13 -14 September 2022, dan peserta pelatihan sebanyak 15 orang yang merupakan pemandu wisata pemula dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kabupaten Kobar. (DANANG/B-6)

Berita Terbaru