Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Santri Harus Mampu Amalkan Ilmu Agama dan Berperan Membangun Indonesia

  • Oleh Hendri
  • 22 Oktober 2022 - 11:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hari Santri Nasional (HSN) jatuh pada tanggal 22 Oktober setiap tahunnya. Merujuk pada peristiwa bersejarah bahwa seruan yang dibacakan oleh pahlawan nasional KH Hasjim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Penetapan HSN oleh Presiden Joko Widodo pada 2015 yang lalu, dimaksudkan untuk meneladankan semangat perjuangan kepada para santri tentang keIndonesiaan yang digelorakan para ulama.

Melalui hari peringatan tesebut, Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin berharap agar para santri yang berada di seluruh Indonesia, khususnya di Kota Cantik agar bisa lebih maju dan berkembang, serta bisa bermanfaat bagi masyarakat dalam mengamalkan ajaran agama dan membawa Indonesia menjadi lebih baik dalam berbagai bidang pembangunan bangsa.

“Semoga ke depannya para santriwan dan santriwati yang menimba ilmu di pondok pesantren bisa mendalami ilmu agamanya sebaik mungkin, agar bisa bermanfaat tak hanya bagi sesama umat manusia, namun juga kepada negara dan tanah air," katanya, Sabtu, 22 Oktober 2022.

Dia mengungkapkan jika para santri baik yang masih menimba ilmu maupun yang telah terjun ke masyarakat dengan berbagai profesi yang dijalani, harus mampu saling bahu membahu menjaga akidah dan mengawal moral bangsa serta penyangga keutuhan NKRI.

“Banyak contoh santri yang sukses, seperti Ibu Wakil Wali Kota Hj Umi Mastikah. Beliau adalah salah satu contoh santri yang sukses dalam menjalankan perannya bagi pembangunan bangsa," ujarnya.

Selain itu, sejumlah tokoh nasional seperti Muhaimin Iskandar dan Ibu Khofifah Indar Parawansa adalah negarawan yang mampu menjadi teladan dalam mengamalkan ilmu agama dan nilai luhur bangsa. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru