Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perhatikan Rumah Dinas Guru di Desa Telaga Katingan

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Oktober 2022 - 14:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng Evi Kahayanti meminta pemda agar dapat memperhatikan keberadaan perumahan dinas guru yang ada di Desa Telaga, Kecamatan Kamipang, Kabupaten Katingan.

Evi mengatakan, saat ini sejumlah rumah dinas guru di desa itu sangat memprihatinkan dan membutuhkan perbaikan atau peningkatan karena memang kondisinya sudah bisa dikatakan tidak layak huni serta bisa membahayakan keselamatan.

"Saat reses beberapa waktu lalu kita mendapati informasi itu dari masyarakat dan menjadi salah satu usulan yang disampaikan, saya rasa ini penting untuk diperhatikan dan pemda bisa menganggarkan untuk perbaikan rumah dinas guru disana," ucapnya, Selasa, 25 Oktober 2022.

Menurut Evi, rumah dinas guru merupakan salah satu aspek penting pada sektor pendidikan yang perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah. Dengan adanya rumah dinas yang layak huni tentu guru dipedalaman akan betah untuk bertahan.

Dijelaskannya, salah satu faktor kekurangan guru di wilayah pedalaman yaitu keberadaan sarana pendidikan yang kurang memadai seperti halnya rumah dinas sebagai tempat tinggal guru. Sehingga, kebanyakan guru banyak mengajukan pindah bahkan enggan bertugas di wilayah pedalaman.

"Jika sarana pendidikan di wilayah pedalaman atau pedesaan layak pastinya guru yang ditugaskan disana juga akan betah, karena bagi guru yang bukan berasal dari daerah setempat memerlukan tempat tinggal yang layak. Maka dari itu, jangan sampai hal ini luput dari perhatian pemda," imbuhya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru