Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bendungan Sakata Juri Potensial Jadi Wisata Andalan

  • 08 Februari 2016 - 20:26 WIB

Bendungan Sakata Juri yang terletak di Kurun Seberang potensial menjadi wisata andalan. Bendungan yang berada kurang lebih tiga kilometer dari Kuala Kurun, ibu kota Kabupaten Gunung Mas (Gumas) itu mulai banyak dikunjungi masyarakat.

'Keberadaan bendungan ini memberi manfaat yang sangat luar biasa untuk masyarakat di daerah ini,' katar Santo Wardian (36) seorang pengunjung saat ditemui <Borneonews> di Bendungan Sakata Juri, Minggu (7/2/2016).

Menurut Santo, bendungan ini punya potensi besar untuk menjadi salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Gumas. Pasalnya, bendungan ini di bagian atasnya terdapat danau dan di bagian bawahnya ada saluran air untuk tempat pemandian. Jika obyek wisata ini dikelola dengan baik, bisa berdampak positif bagi perekonomian masyarakat sekitar.

"Dalam keadaan seperti ini saja, banyak orang yang berwisata ke sini, apalagi kalau dibenahi, tentu akan menarik lebih banyak lagi minat wisatawan untuk berkunjung," kata Santo.

Ia melanjutkan salah satu keunggulan obyek wisata ini yakni jaraknya hanya tiga kilometer dari Kota Kuala Kurun dan akses jalan juga sudah cukup nyaman dilalui. Meski jalan itu masih belum diaspal.

"Sayangnya, di Sungai Kurun masih ada beberapa (oknum) masyarakat yang menambang emas. Sehingga air yang mengalir ke Bendungan Sakata Juri agak keruh. Semoga dalam waktu dekat, air bisa jernih sehingga masyarakat bisa berwisata ke bendungan ini," cetus dia.

Ditemui di tempat yang sama, Sintia (25) pengunjung lainnya menuturkan, seharusnya Pemkab Gumas memperhatikan obyek wisata Bendungan Sakata Juri ini. Sehingga berbagai fasilitas wisata bisa dibangun. 

"Tidak ada salahnya, jika Bendungan Sakata Juri dimanfaatkan untuk wisata, potensi yang ada harus diperhatikan dan dikoordinasikan dengan pihak terkait," saran dia. (EP/B-8)

Berita Terbaru