Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sapi Bantuan Distanak Bertumbangan

  • 11 Februari 2016 - 19:33 WIB

PENULIS LAPORAN : Koko Sulistyo

SAPI bantuan dinas pertanian dan peternakan (Distanak) baik melalui anggaran APBD I dan II di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mulai bertumbangan. Sapi-sapi tersebut mulai bertumbangan sejak disalurkan ke beberapa kelompok ternak (Pokter).

Jimran, Ketua Kelompok ternak (Pokter), Sanggar Baru, Bungur, Kelurahan Baru, Kecamatan Arut Selatan (Arsel), mengatakan, pihaknya menerima sapi bantuan tersebut pada Desember 2015 lalu. Namun, sejak Januari hingga Februari ini sudah puluhan ekor yang mati. Jumlah tersebut diprediksi akan meningkat.

Ia mengungkapkan, sudah ada lima ekor dari 25 ekor sapi bantuan yang mati. Menurutnya, saat penyerahan kondisi sapi lemas. Ia menduga, karena perjalanan jauh membuat kondisi sapi tidak sehat. Selain itu, kondisi peternakan yang digenangi air dan ketersediaan pakan yang minim menjadi salah satu penyebab kematian sapi.

Hal itu juga diperparah dengan tidak adanya pengawasan dan pemeriksaan rutin oleh Distanak paskapenyerahan sapi bantuan. "Saya tidak tahu harus bicara apa, kalau kami penggaduh sudah berusaha maksimal, tapi harusnya dari Distanak harus memantau secara rutin perkembangannya."

Nasib yang sama juga dialami oleh Pokter Rasau Kuning 2. Jumlah sapi yang mati hingga Februari 2016 sudah mencapai enam ekor dari 25 ekor yang mereka terima. "Air dalam, ketersediaan pakan berkurang. Selain itu juga karena memang dalam kondisi sakit," kata Buhari, Ketua Pokter Rasau Kuning 2. (KK/B-2)

Berita Terbaru