Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Standarisasi Pasar Rakyat Ubah Paradigma Kenyamanan Pasar

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 26 April 2024 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - UPT Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang (BPSMB) Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kalteng menyampaikan peran sertifikasi standarisasi dalam mengubah paradigma kenyamanan pasar rakyat.

Kepala UPT. Balai Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Tomas Sembiring mengingatkan sudah dikeluarkannya aturan baru SNI Pasar Rakyat Nomor 8152 : 2021 sebagai revisi atas SNI 8152 Tahun 2015 tentang pasar rakyat.

“Tujuannya adalah membuat standar tentang pasar rakyat guna mengubah paradigma yang selama ini pasar rakyat dianggap identik dengan becek/tidak bersih, tidak nyaman dan sarana prasarana serta lokasinya sulit,” tutur Tomas saat sosialisasi di Hotel Aurilla Palangka Raya, Kamis, 25 April 2024.

Ia mengatakan dengan penerapan SNI 8152 tahun 2021 dapat memudahkan para pelaku usaha pasar rakyat dalam mengelola dan membangun pasar secara profesional serta memberdayakan komunitas pasar.

Disamping itu, Pasar Rakyat ber-SNI mengakomodir prosedur kebersihan dan kesehatan terutama upaya pencegahan Covid-19 ketika saat itu melanda dunia termasuk Indonesia.

“(SNI) juga mengakomodir perkembangan ilmu pengetahuan termasuk digitalisasi pasar,” imbuhnya. (HERMAWAN DP/Y)

Berita Terbaru