Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MDHK Kotim Gelar Ritual Mamapas Lewu, Manampung Sahur dan Magantung Sahur

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 12 Desember 2022 - 19:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Majelis Daerah Hindu Keharingan (MDHK) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), menggelar ritual Mamapas Lewu, Manampung Sahur dan Magantung Sahur. 

Ritual yang digelar setiap tahun tersebut dipercaya bagi ummat Hindu Keharingan, sebagai permohonan terhadap yang maha kuasa agar daerah ini dilindungi dari yang tidak baik, penyakit, dan hal-hal negatif lainnya. 

"Ritual ini sebagai upaya pembersihan dan bermohon kepada sang pencipta agar dilindungi dari segala penyakit dan Kotim dapat sejahtera," ujar Ketua Majelis Daerah Agama Hindu Keharingan, Rena, Senin, 12 Desember 2022. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Basarah Penyang Hatampung, Jalan Jendral Sudirman Km 2,7 Sampit. Kegiatan Dengan diawali pembacaan doa dari seluruh lintas agama sebagai lambang kerukunan umat beragam di Kotim dan dengan harapan semua doa dikabulkan. 

Selanjutnya, juga dilakukan mangajan, dan ritual penombakan serta pemotongan sapi. Terakhir, melakukan arak-arakan berkeliling Sampit, sabagai upaya membersihkan daerah ini dari hal negatif. 

Kegiatan tersebut sendiri didukung penuh dari Bupati Kotim Halikinnor, yang turut hadir dan menyampaikan sambutan. Bahkan dirinya meminta agar kegiatan bisa dikemas lebih menarik lagi.

"Saya hadir untuk mendukung kegiatan ini. Dan saya harap nantinya bisa lebih dikembangkan lagi, untuk menarik minat wisatawan untuk datang," harap Halikinnor. 

Dalam kesempatan tersebut, Halikinnor juga langsung mengajak sejumlah kepala dinas dan instansi vertikal serta pihak perbankan, bergotong royong untuk patungan menutupi kekurangan biaya kegiatan. 

Hal itu dilakukan, agar panitia tidak merugi. Dan kegiatan tersebut terakomodir serta sukses dilaksanakan. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru