Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relawan BPK Samuja Evakuasi 2 Ekor Ular dari Pemukiman Berbeda

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 14 Desember 2022 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Relawan BPK Samuja Ampah Kabupaten Barito Timur melakukan penyelamatan hewan atau animal rescue dengan mengevakuasi 2 ekor ular ripung dan ular sanca dari pemukiman warga di RT 01 dan RT 17 Kelurahan Ampah Kota, Rabu, 14 Desember 2022.

Wakil Ketua BPK Samuja Davi Pramana mengatakan, awalnya BPK Samuja mendapatkan laporan via telepon dari warga RT 01 yang melihat ular di bawah barang dagangan berupa tumpukan beras.

"Ceritanya tuh beliau pas mau ngangkat beras melihat kepala ular keluar, lalu menelepon tim Samuja yang langsung direspon kapten 3 bidang animal rescue, Amang Sasi," ungkapnya.

Kapten 3 kemudian mengumumkan lewat radio amatir untuk memanggil beberapa anggota yang tidak sibuk dan bisa membantu evakuasi.

"Kebetulan saya mendengar tadi, walaupun dinas di kantor kelurahan tapi saya selalu membawa radio sekalian untuk memantau semua kejadian di wilayah Kelurahan Ampah Kota," imbuh pria yang menjabat sebagai Sekretaris Lurah Ampah Kota ini.

Setelah bersama kapten 1 dan 2 merespon panggilan tersebut, lanjut Davi, pihaknya mendapatkan panggilan telepon lagi dari warga RT 17 yang meminta bantuan.

"Nah di RT 17 ini ular sanca di dalam kandang habis makan satu ekor ayam, ularnya tidak melawan karena kekenyangan," tuturnya.

Davi melanjutkan, setelah dimasukkan dalam karung kedua ekor ular tersebut kemudian dilepas kembali ke habitatnya yang jauh dari pemukiman warga.

Pada kesempatan itu dia juga menyampaikan imbauan kepada masyarakat saat memasuki musim hujan seperti sekarang, yakni seringkali ditemukan ular masuk ke rumah warga.

"Saat musih hujan seperti ini masyarakat harus lebih berhati-hati, biasanya disebabkan banjir ular-ular ini mencari tempat kering sehingga naik ke rumah atau pekarangan yang lebih kering," pesan Davi. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru