Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Barito Timur Sebut Peniadaan Honorer Bukan Keinginan Dirinya

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 12 Januari 2023 - 23:20 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bupati Barito Timur, Ampera AY Mebas menegaskan bahwa peniadaan Honorer PHL/PHT Pemkab Barito Timur bukan keinginan dirinya. Menurutnya, selain karena masa kontrak mereka sudah berakhir pada tanggal 31 Desember 2022, Pemkab Barito Timur juga menindaklanjuti surat dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia atau Kemenpan-RB terkait honorer.

“Sebenarnya pemerintah daerah tidak memberhentikan atau merumahkan PHL dan PHT atau honorer, namun karena memang SK mereka berakhir per 31 Desember,” ujarnya di Tamiang Layang, Kamis, 12 Januari 2023.

Pemerintah daerah juga menerima surat dari Kemenpan-RB yang beberapa poinnya berisi tentang honorer dan Pejabat Pembina Kepegawaian atau PPK..

"Dalam surat itu pembina pegawai diharuskan melakukan pemetaan tugas dan pada 28 November 2023 nanti tidak ada lagi honorer namun yang ada hanya P3K dan PNS," ungkapnya.

Karena itu, Pemkab Barito Timur membuat pemetaan, kemudian melakukan langkah-langkah strategis oleh PPK. "Langkah pertama kita melakukan pemetaan dulu terhadap ASN, dengan  menempatkan tempat tempat yang tepat. Dari hasil itu terlihatlah berapa lagi pegawai yang dibutuhkan pemerintah daerah," kata Ampera.

Dia melanjutkan, jika masih ada kebutuhan pegawai maka akan dilakukan seleksi tahap kedua untuk PHL yang rencananya akan dilaksanakan awal Februari 2023.

"Seleksi ini berdasarkan dari kebutuhan, bukan keinginan bupati,” jelasnya Ampera.

Bupati menerangkan, untuk tahap pertama masih ada honorer yang bekerja, namun itu disesuaikan dengan kuota. “Bagi honorer yang terpilih, rencananya kita adakan outsourcing, itu ada jumlahnya untuk tahap pertama, namun kita terlebih dulu menata pegawai, termasuk PHL, untuk lanjut seleksi honor tahap kedua,” tandas Ampera. (BOLE MALO/Y)

Berita Terbaru