Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Kalteng: Pembangunan Universitas di DAS Barito Perlu Kajian Mendalam

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Februari 2023 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Purman Jaya mengatakan, pembangunan universitas di wilayah DAS Barito yang akan dicanangkan oleh Gubernur Kalteng perlu kajian secara mendalam.

Menurutnya, kajian tersebut perlu dilakukan untuk memastikan besaran biaya, lokasi, program studi yang difokuskan untuk pertama kali, dan lain sebagainya agar nanti keberadaan universitas tersebut benar-benar bisa memberikan manfaat.

"Sangat perlu dikaji agar pembangunanya juga bisa berjalan lancar dan nanti ketika sudah beroperasi semuanya siap untuk meningkatkan SDM khususnya di Kalteng dan besaing dengan menghadapi perkembangan zaman," ucapnya, Sabtu, 25 Februari 2023.

Dia mengungkapkan, dari segi lahan Pemkab Bartim telah menyediakan seluas 5 hektare di Kecamatan Dusun Tengah dan itu patut disambut baik, sebab lokasinya strategis dan mudah dijangkau oleh masyarakat di wilayah DAS Barito.

"Lokasi itu posisinya merupakan perlintasan antar kabupaten, jadi sangat strategis sejumlah daerah juga seperti Barito Utara, Murung Raya, dan Barsel berdekatan dan tidak memerlukan waktu lama untuk ke lokasi," jelasnya.

Diterangkannya bahwa, pembangunan universitas tersebut bertujuan untuk memudahkan putra dan putri DAS Barito melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. Sebab, selama ini kebanyakannya harus pergi keluar daerah untuk kuliah.

"Jadi dari segi biaya juga tergolong mahal, mana untuk membayar kuliah ditambah lagi ongkos kehidupan sehari-hari. Jadi jika ada yang dekat maka biaya juga akan lebih murah. Intinya, kita harapkan univesitas itu nanti bisa mengcover putra dan putri daerah ini khususnya DAS Barito," imbuhnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru