Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemko Palangka Raya Gencarkan Program Kampung Iklim Pertahankan Adipura

  • Oleh ANTARA
  • 06 Maret 2023 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Program Kampung Iklim (Proklim) yang dikelola oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya telah memberikan kontribusi bagi upaya peningkatan kelestarian lingkungan, sekaligus menjadi bagian dari penilaian Adipura.

"Keberhasilan kita mendapatkan Adipura salah satu poinnya adalah Proklim sebagai upaya mengurangi gas emisi rumah kaca," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palangka Raya, Achmad Zaini, Senin, 6 Maret 2023.

Dia mengatakan, tahun lalu Kota Palangka Raya berhasil meraih penghargaan program kampung iklim tingkat nasional.

Penghargaan diraih antara lain kategori pembinaan proklim tingkat kabupaten/kota, serta kategori proklim tingkat utama dengan lokasi proklim RT 001/RW XIII Jalan Yogyakarta Kelurahan Menteng Kecamatan Jekan Raya.

Selain itu pihaknya akan mengoptimalkan fungsi dari Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST). Sampah yang masuk ke TPST akan melalui proses pengolahan sampah dengan cara pemilahan sampah organik dan anorganik.


Hal ini juga dalam rangka mendukung gerakan zero sampah anorganik yang sudah diterapkan sejak Januari 2023. Sampah organik juga akan dimanfaatkan sebagai pakan maggot, kemudian untuk sampah anorganik (plastik dan sejenisnya) dibakar yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk bahan lainnya yang bernilai tambah.

"Salah satu komitmen pengelolaan lingkungan yang berhubungan langsung dengan Adipura adalah bagaimana kebijakan strategis dalam pengelolaan persampahan," jelasnya.

Pemerintah daerah juga harus mampu membuktikan kelayakan dan kualitas pengelolaan sampah mulai dari pemilahan, pengumpulan, pengangkutan hingga pemrosesan akhir di TPA. (HENDRI/Y)

Berita Terbaru