Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Kapuas Lakukan Penyuluhan Tentang TBC Anak

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 25 Maret 2023 - 13:50 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas telah melakukan penyuluhan tentang Tuberkulosis atau TBC anak, bertempat di ruang tunggu poliklinik rawat jalan.

Kegiatan penyuluhan TBC Anak ini juga dilaksanakan serentak seluruh Indonesia dalam rangka memperingati Hari TBC dunia.

Penyuluhan diberikan oleh dr Dewi Fatmi Januarini, beserta Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas.

"Agenda itu merupakan kontribusi dari RSUD Kapuas ikut serta dalam memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Kapuas tentang penanganan penyakit TBC," kata Direktur RSUD Kapuas, dr Agus Waluyo, Sabtu, 25 Maret 2023.

dr. Dewi menerangkan bahwa TB adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri tersebut dapat masuk ke dalam paru-paru dan mengakibatkan pengidapnya mengalami sesak napas disertai batuk kronis. 

"Penyakit ini sering disebut dengan flek yang merupakan penyakit yang menular dan bukan penyakit keturunan," jelas dr Dewi.

Ia menuturkan ciri-ciri TB paru yang menginfeksi seseorang pada awalnya memunculkan gejala utama antara lain, sesak nafas, batuk berlangsung lama hingga lebih dari 3 minggu, batuk berdarah, dan dada terasa nyeri. 

"Selain gejala TB paru di atas, adapun gejala yang biasanya muncul, di antaranya adalah demam, menggigil, mudah merasa lelah, berat badan turun drastis, nafsu makan menghilang, dan berkeringat di malam hari," tuturnya.

Cara penularan TBC melalui percikan renik atau droplets yang keluar ketika penderita batuk, bersin, tertawa dan bernyanyi. Berdasarkan data penderita TBC dapat menularkan kurang lebih 10-15 orang disekelilingnya setiap tahun. 

"TBC dapat mengenai organ lain selain paru-paru, antara lain seperti TBC kelenjar, skrofuloderma, TBC tulang, dan TBC kulit," ucapnya.

Berita Terbaru