Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Dorong Pemda di Kalteng Gali Peluang untuk Buka Lapangan Kerja

  • Oleh Donny Damara
  • 26 Maret 2023 - 14:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siswandi mendorong pemda di Kalteng supaya dapat menggali peluang yang berorientasi untuk membuka lapangan kerja bagi masyarakat.

Dirinya mengakui sangat prihatin terhadap kenaikan angka kemiskinan ekstrim yang terjadi di Kalteng. Berdasarkan data BPS pada tahun 2022 angka kemiskinan di provinsi ini meningkat dari tahun 2021 yang hanya 0,60 persen menjadi 1,15 persen.

"Padahal SDA di Kalteng ini melimpah, tentu saya merasa prihatin atas kenaikan angka kemiskinan itu. Kemungkinan bisa saja terjadi akibat pandemi Covid-19 juga. Sehingga untuk menekan angka itu pemda perlu menggali peluang untuk membuka lapangan kerja," ucapnya, Minggu, 26 Maret 2023.

Ia mengatakan, salah satu program jangka pendek untuk mengurangi angka kemiskinan bisa dengan memberikan bantuan sosial (bansos). Namun, dalam hal penyalurannya perlu dipetakan kriteria wilayah yang memiliki penduduk miskin ekstrim untuk diprioritaskan.

Di sisi lain, untuk program jangka panjang yaitu pemda menggali peluang membuka lapangan kerja bagi masyarakat miskin misalnya memberikan bantuan modal Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) maupun Industri Kecil Menengah (IKM) serta pelatihan-pelatihan.

"Agar program baik itu jangka pendek maupun jangka panjang bisa berjalan baik dan tepat sasaran pemda baik provinsi, kabupaten dan kota supaya saling bersinergi jangan hanya menitik beratkan pada satu pemerintahan saja, sebab menangani kemiskinan ini perlu kerja sama," tuturnya.

Ia berharap dengan berbagai upaya pemda di Kalteng ini untuk mengurangi atau menangani kemiskinan ekstrim di wilayah Bumi Tambun Bungai dapat berjalan sesuai dengan harapan, sehingga kedepan tidak ada lagi masyarakat miskin di provinsi ini. (DONNY D/H)

Berita Terbaru