Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kendalikan Hipertensi Dengan Patuh

  • Oleh Pathur Rahman
  • 03 April 2023 - 14:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah salah satu dari beberapa masalah kesehatan yang sering dialami masyarakat selain, diabetes, obesitas dan juga penyakit maag.

Kepala BLUD UPT Puskesmas Pahandut H Ridwan mengajak masyarakat Kota Palangka Raya untuk mengendalikan hipertensi dengan PATUH, patuh merupakan kepanjangan dari, Periksa kesehatan secara rutin, Atasi dengan obat dengan tepat dan teratur sesuai saran dokter.

Terapkan diet dan konsumsi makanan dengan gizi seimbang, Upayakan melakukan aktivitas fisik dengan aman dan nyaman serta sesuai kondisi tubuh, Hindari asap rokok, merokok dan mengonsumsi alkohol.

"Adapun gejala orang yang mengalami hipertensi adalah sakit kepala dan pusing, jantung berdebar - debat rasa sakit di dada, gelisah, penglihatan kabur dan mudah lelah," katanya, Senin, 3 April 2023.

Hipertensi sendiri terbagi dalam dua tipe, pertama hipertensi primer atau esensial berupa peningkatan darah yang belum diketahui secara pasti penyebabnya, kedua hipertensi sekunder merupakan peningkatan tekanan darah oleh kesehatan yang lain.

"Faktor penyebab hipertensi yaitu obesitas, stress, alkohol, malas berolahraga dan mengonsumsi garam berlebih, hipertensi juga dapat menyebabkan komplikasi, maka dari itu masyarakat diminta rutin mengecek tekanan darahnya di fasilitas layanan kesehatan terdekat," pungkasnya. (PATHUR/J)

Berita Terbaru