Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lagi-lagi Krisis Daya, PLN Berlakukan Pemadaman Bergilir

  • 14 Maret 2016 - 20:59 WIB

Wanprestasi kerjasama suplai daya listrik Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) PT Exploitasi Energi Indonesia (EEI) Kumai kepada Perusahaan Listrik Negara (PLN) kembali terjadi. 

Sejak Jumat (11/3/2016) pekan lalu, suplai daya dari PLTU Kumai tidak maksimal sesuai kontrak kerja. Akibatnya, pemadaman listrik secara bergilir di wilayah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kembali terjadi.

Supervisor Teknis Jaringan PLN Rayon Misip Pangkalan Bun, Suprapto mengungkapkan, pasokan daya dari PLTU Kumai sejak Jumat pekan lalu hanya sekitar 7 ribu kilowatt (KW). Sesuai kontrak kerjasama PT EEI dan PLN, pasokan daya PLTU ke jaringan PLN seharusnya sebesar 10.500 KW. 

Akibat kurangnya suplai daya dari PT EEI ditambah adanya perbaikan atau pemeliharaan di PLTD milik PLN di Pangkalan Bun, mengakibatkan defisit daya di Kobar bertambah.

'Produksi daya di PLTU tidak bisa maksimal. Hanya 7.000 KW saja. Sesuai kontrak kerja 10.500 MW. Sejauh ini belum ada penjelasan resmi dari pihak PLTU. Kemudian PLTD Pangkalan Bun masih belum selesai pemeliharaan,' ungkap Suprapto, Senin (14/3/2016).

Dengan kondisi tersebut, pihak PLN terpaksa kembali memberlakukan pemadaman listrik secara bergilir. Hanya saja, pemadaman listrik bergilir di Kobar kali ini tak hanya diterapkan terhadap pelanggan besar saja, melainkan juga bagi pelanggan umum. 

Sesuai jadwal yang sudah disiapkan, pemadaman listrik bergilir berlaku mulai pukul 17.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB. Padam listrik ini berlaku sejak Jumat 11 Maret 2016, hingga kondisi daya normal kembali. (RD/B-12)

Berita Terbaru