Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Pulang Pisau Desak agar Pelabuhan Sei Tunggul Segera Dioperasikan

  • 14 Maret 2016 - 21:19 WIB

WAKIL Ketua DPRD Pulang Pi'sau, Idham me'minta kepada pemerintah kabupaten un'tuk' segera mengoperasikan Pe'labuhan Sei Tunggul di Ke'camatan Kahayan Kuala.

Sebab hingga kini pelabuh'an ini belum juga operasional, padahal pembangunanny'a telah selesai sejak 2011.

'Bagaimana caranya supa'ya' pak bupati bisa meminta ke'pada bagian yang berwena'ng dan bisa kerjasama atau seperti apa bentuk kerjasama'nya sehingga pelabuhan itu bisa dimanfaatkan,' ujar politisi PKB ini, Senin (14/3/2016).

Dia menyebut sebenarnya me'naruh harap agar pelabuh'an yang dibangun Pemprov Kal'teng itu segera operasio'nal.

'Dulu operasional terkenda'la inrastruktur, tapi sekarang tinggal peningkatan jalan saja,' terangnya.

Menurutnya perlu service awal dari pemerintah untuk mem'buka jalannya pelabuh'an itu.

'Kalau bisa untuk berjalan'nya' pelabuhan dibebaskan dari pungutan dulu, nantinya kalau masyarakat sudah pe'ng'usaha sudah terbiasa baru ki'ta adakan perda untuk pu'ngutan dan ini adalah kebija'kan bupati,' terangnya.

Dengan kondisi jalan yang sudah bisa diakses, menurut'nya akan memudahkan distri'busi barang dari dan ke luar Ka'limantan.

'Masih harus ada peningkat'an jalan yang akan dilakukan pe'merintah provinsi dan ka'barnya ini dari provinsi su'dah dialokasikan untuk ruas Pulang Pisau-Maliku deng'an' anggaran Rp23 miliar, sedangkan untuk Maliku-Ba'haur Rp24 miliar dan un'tuk' pelabuhan Rp6 miliar,' te'rangnya lagi.

Dengan adanya anggaran itu maka tahun ini akses menuju pelabuahn semuanya' sudah beres. Begitu pula semua jembatan telah selesai dibangun.

Menurutnya beberapa fa'silitas yang masih belum ter'sedia hanya untuk permukim'an penjaga dan karyawan Pe'labuhan Sei Tunggul.

Dia menegaskan jika pela'buhan itu tidak segera dioperasionalkan, maka kesannya' terbengkalai dan buang-bua'ng anggaran saja.

Apalagi saat ini sudah siap 150 tenaga atau buruh yang si'ap dipekerjakan di pelabuh'an. 

Dia mengilustrasikan, jika pelabuhan ini beroperasi, ma'ka akan memberikan banyak manfaat bagi kabupaten dan masyarakat, khususnya para perantau yang akan pulang ke Jawa tidak perlu lagi lewat Pelabuhan Trisakti Banjarma'sin, Kalsel.

'Yang penting masyarakat bi'sa memanfaatkan dulu dan tentunya ada service da'ri pemerintah daerah dulu berupa subsidi bagi penum'pa'ng, bebas pungutan dan berbagai pelayanan yang bi'sa menarik minat untuk ope'rasional awal,' katanya. (B-6)

Berita Terbaru