Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Segera Sosialisasikan Pilkades Serentak di Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 18 April 2023 - 08:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor meminta pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak di 77 desa segera disosialisasikan.

"Pilkades saya minta tetap dilakukan karena jika ditunda harus memilih Plt (Pelaksana tugas) selama 2 tahun. Tolong segera disosialaisasi tahapan-tahapannya," kata Bupati, Senin, 17 April 2023.

Ia mengatakannya saat membuka rapat koordinasi pengendalian dan evaluasi kegiatan pembangunan daerah triwulan I Kabupaten Kotawaringin Timur tahun 2023 di Aula Sei Mentaya Bappelitbangda.

Halikinnor mengatakan tak ingin ada penundaan Pilkades meskipun ada regulasi yang memungkinkan itu. Sebab jika terjadi, ia harus menunjuk Plt yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN). Menurutnya.

Sementara, mayoritas desa hanya guru yang menjadi ASN. Ia tak ingin menganggu profesi itu, dikhawatirkan pendidikan di desa akan terganggu.

"Pilkades di 77 desa seluruh Kabupaten Kotawaringin Timur memang mendekati Pileg dan Pilpres, tapi kita bisa laksanakan termasuk panitia penyelenggaraan siap semua bisa diselenggarakan," ujarnya. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Raihansyah mengatakan Pilkades serentak akan dilaksanakan September tahun ini. 

"DPMD sudah melakukan persiapan berkaitan hal tersebut. Yang pertama penetapan 77 desa yang tahun ini melakukan pemilihan kepala desa, sudah kita laksanakan dengan Surat Keputusan Bupati," kata Raihansyah. (DEWI PATMALASARI/R)

Berita Terbaru