Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala BPBD: Wilayah Jekan Raya Paling Rawan Karhutla

  • Oleh Hendri
  • 12 Mei 2023 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya mencatat ada empat kecamatan yang selama ini kerap terjadi peristiwa kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Kepala BPBD Kota Palangka Raya Emi Abriyani menyebut keempat kecamatan itu antara lain Kecamatan Jekan Raya, Sabangau, Bukit Batu dan Kecamatan Pahandut.

“Keempat wilayah kecamatan di Kota Palangka Raya ini, terus menjadi perhatian kami dalam hal pengendalian dan pencegahan karhutla," katanya, Jumat, 12 Mei 2023.

Jika berkaca dari peristiwa karhutla yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, maka Kecamatan Jekan Raya menjadi wilayah yang paling rawan potensi karhutla.

“Apabila diurutkan, maka Kecamatan Jekan Raya berada pada posisi pertama, kemudian Sabangau berikutnya Bukit Batu, Pahandut dan terakhir Kecamatan Rakumpit,” sebutnya.

Dalam perkembangan pengendalian karhutla pada beberapa hari terakhir ini, telah tercatat ada dua peristiwa karhutla dan telah dilakukan pemadaman oleh tim gabungan seperti TSAK, Manggala Agni, Dinas Kehutanan, BPBD dan pihak terkait lainnya.

“Wali Kota telah menetapkan Kota Palangka Raya status siaga bencana karhutla. Seiring itu pula personel gabungan terus kami intensifkan melakukan patroli dan deteksi dini di daerah rawan karhutla. Termasuk mengoptimalkan sosialisasi kewaspadaan karhutla kepada masyarakat,” pungkasnya. (HENDRI/H)

Berita Terbaru