Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Areal TPA Baruh Benawa Akan Diperluas

  • 23 Maret 2016 - 20:05 WIB

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Barito Timur (Bartim) menyiapkan upaya peningkatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Baruh Benawa yang terletak di Desa Sarapat Kecamatan Dusun Timur. 

Program peningkatan tersebut bukan mengambil langkah melebarkan kawasan pembuangan, melainkan penataan lahan seluas 4 hektare yang ada sehingga mampu menampung sampah yang dipungut dari Tempat Pembuangan Sampah (TPS).

Kepala Kantor Kebersihan dan Pertamanan (KKP) Bartim Jumail Paladuk me'ngatakan, upaya peningkatan didasari penilaian peme'rintahan terhadap kawasan penampungan tersebut yang kini dalam kondisi sangat kurang optimal menunjang peningkatan volume sampah setiap waktunya.

'Penganggarannya untuk tahun ini disiapkan, mudah-mudahan pengerjaannya mampu segera dilaksanakan,' kata Yumail Paladuk, kemarin.

Dijelaskan, TPA Baruh Benawa merupakan sarana yang disediakan pemerintah untuk mengakomodir masalah persampahan di daerah. Selama ini, kondisi fasilitas tersebut sangat mengkhawatirkan. Keadaan jalan menuju lokasi TPA sangat jauh dari kata memadai sehingga menyulitkan sarana angkutan sampah.

Kondisi itu, sambung Yumail, diperparah dengan minimnya lubang penampungan yang dimiliki. Akibatnya sampah melumer dan berserakan tak karuan hingga ke bahu jalan.

 'Kita berharap hasil pengerjaan nanti memberikan manfaat positif bagi penanganan masalah sampah menjadi lebih optimal,' timpalnya.

Disamping TPA Baruh Benawa, tahun 2015 lalu pemerintah kabupaten juga telah melakukan peningkatan fasilitas terhadap TPA di Desa Lenggang Kecamatan Raren Batuah. Pengelolaan sampah dioptimalkan melalui sistem control landfill atau pemadatan sampah untuk kemudian dikuburkan guna mengurangi potensi bau ataupun perkembangbiakan lalat. 

(Tbs/B-5)

Berita Terbaru