Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdukcapil Lamandau Keliling Kantor Aktivasi IKD

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 13 Juni 2023 - 11:20 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik – Memaksimalkan penerapan Identitas Kependudukan Digital (IKD), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Lamandau terus melakukan aktivasi IKD ke sejumlah instansi.

Aktivasi yang dilakukan menyasar Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun tenaga honor atau tenaga harian lepas (THL) yang berkerja di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau.

Plt. Kepala Disdukcapil Kabupaten Lamandau, Kamini Anthus mengatakan, saat ini pihaknya tengah fokus melakukan aktivasi kepada para ASN dan THL di lingkungan Pemkab Lamandau sebelum menyasar masyarakat umum.

“Harapannya hingga akhir tahun 2023 mendatang aktivasi IKD di kalangan ASN dan THL mencapai 75 persen,” ujar Anthus di Nanga Bulik, Selasa, 13 Juni 2023.

Setelah menyasar para ASN dan THL di lingkungan Pemkab Lamandau, terang Anthus, pihaknya akan menggelar program ‘Jebol Adminduk’ atau jemput bola administrasi kependudukan di sejumlah lokasi.

Dengan adanya IKD, kata dia, masyarakat akan lebih mudah ketika melakukan transaksi maupun saat memanfaatkan pelayanan publik atau privat hanya melalui telepon genggam.

“Karena IKD memiliki beberapa fungsi yakni sebagai bukti identitas, otentifikasi identitas dan otorisasi identitas,” ujarnya.

Ditambahkan Anthus, Efektifitas pelayanan IKD akan terus ditingkatkan untuk mencapai target percepatan Adminduk khususnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Lamandau. (HENDI NURFALAH/H)

Berita Terbaru