Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PT. Menteng Kencana Mas-CBI Group Lakukan Pembinaan Budidaya dan Produk Turunan Nanas Madu di Desa Tarung Manuah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 Juli 2023 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Buah nanas merupakan produksi buah tertinggi ke 3 di Indonesia. Dan Kabupaten Kapuas menjadi produsen tertinggi Provinsi Kalimantan Tengah.

Komoditas unggulan di Kabupaten Kapuas yang merupakan kearifan lokal berjenis Nanas Madu yang banyak diproduksi di Kecamatan Basarang

Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Menteng Kencana Mas (MKM) - Citra Borneo Indah (CBI) Group, Abdur Rohman, Jumat, 7 Juli 2023 mengatakan, dengan adanya potensi tersebut PT.MKM melalui CSR melaksanakan program pemberdayaan masyarakat di salah satu desa binaannya yakni di Desa Tarung Manuah yang diberi nama Program Nanas TAMASYA (Nanas Tarung Manuah Semakin Jaya). 

"Pada program yang diinisiasi PT. MKM ini juga  melibatkan Dinas Pertanian, BPP Kecamatan Basarang dan Disperindagkop UKM Kabupaten Kapuas untuk bersama Pemerintah Desa dengan melakukan pelatihan, pembinaan dan pendampingan terhadap 2 kelompok desa yaitu Kelompok Tani Putra Tama dengan beranggotakan 11 laki-laki, dan Kelompok UMKM Tama Manja yang beranggotakan 13 kaum ibu," jelas Abdur Rohman.

Abdur Rohman mengatakan  pelatihan, pembinaan dan pendampingan dilakukan mulai dari budidaya pertaniannya hingga diversifikasi produk dari buah nanas. 

"Pelatihan selama 4 hari ini telah dilaksanakan  3-6 Juli 2023. dalam kegiatan ini peserta di berikan bimbingan teknis cara budidaya penanaman nanas secara baik dan benar, sementara kelompok kaum ibu diberikan bimbingan teknis berupa pengolahan dengan bahan dasar Nanas Madu sebanyak 10 produk," jelas Abdur Rohman.

Abdur Rohman mengatakan, pihaknya juga telah melakukan koordinasi lintas sektor, stakeholders dan masyarakat sehingga dapat membentuk 2 kelompok di Desa tersebut.

"Kemudian kami melaksanakan kegiatan Bimtek Budidaya pertanian Nanas dan Pelatihan pengolahan berbagai macam produk turunan nanas selama 4 hari sehingga nantinya mampu memberikan nilai tambah," jelas Abdur Rohman. (WAHYU KRIDA/J)

Berita Terbaru