Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Bentuk Dukungan PT. Menteng Kencana Mas Dalam Program Nanas Tamasya Masyarakat Desa Tarung Manuah

  • Oleh Wahyu Krida
  • 07 Juli 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam program pembinaan pemberdayaan masyarakat dalam hal pengolahan budidaya Nanas Madu di Desa Tarung Manuah Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, PT. Menteng Kencana Mas (MKM) - Citra Borneo Indah (CBI) Group juga memberikan sarana prasarana seperti bibit, pupuk, perlengkapan lainnya untuk Kelompok Tani, dan barang-barang maupun alat-alat untuk Kelompok Ibu-ibu UMKM sesuai keperluan 2 kelompok tersebut. 

Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT. MKM - CBI Group, Abdur Rohman, Jumat, 7 Juli 2023 mengatakan kedepan pihaknya  juga akan membantu hingga pemasaran produk hasil kelompok binaan.

"Sehingga dapat memberikan peningkatan ekonominya termasuk yang kami harapkan adalah kelompok ini berkelanjutan hingga akhirnya bisa mandiri dan menjadi kelompok percontohan untuk masyarakat lainnya, baik dalam desa maupun luar desa. Pendampingan secara intensif memang sudah menjadi rencana kerja kami kedepan," jelas Abdur Rohman.

Abdur Rohman menambahkan, Program Nanas TAMASYA atau Nanas Tarung Manuah Semakin Jayadiharapkan mampu mempertahankan eksistensi produksi buah nanasnya yang memang menjadi kearifan local di Kecamatan Basarang, dan salah satunya ada pada desa Tarung Manuah. 

Terkait hal ini, Dinas Pertanian melalui Bidang Hortikultura menyambut baik rencana kegiatan pengembangan Nanas Tamasya di Desa Tarung Manuah, yang merupakan salah satu rencana kegiatan CSR PT. Menteng Kencana Mas berkolaborasi bersama Masyarakat dalam bentuk Kelompok Tani dan Pemerintah Desa. 

"Semoga Bimbingan Teknis Budidaya Nanas dari kami dan apa yang direncana dan akan dilaksanakan ini bisa berhasil, sukses, dan bisa memberi manfaat dan keberkahan buat semua," jelas Kabid Hortikultura bersama Nyoman Surat selaku Koordinator BPP Kecamatan Basarang Dwi Purnamasari.

Dwi Purnamasari mengatakan, program ini juga diharapkan berkembang hingga pada produk olahannya.

"Berbagai macam produk dari olahan nanas madu ini seperti Dodol, Sirup, Permen, Selai, Keripik, Cemilan, Manisan, wajik, sambal, puding dan diantaranya diharapkan dapat menjadi produk unggulan desa," jelas Dwi Purnamasari.

Kabid Industri dari Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kapuas Ferdinan Junarko bersama tim yang turut menghadiri pelatihan tersebut mengatakan bahwa pelatihan pengolahan ini, kelompok ibu-ibu UMKM diarahkan menggunakan bahan bahan yang berstandar kesehatan. 

"Program ini dilaksanakan melalui Dana CSR PT. MKM bersama Desa Tarung Manuah dan Dinas Dagperinkop dan UKM Kab. Kapuas yang merupakan kegiatan Bina lingkungan yang bertujuan memberikan bimbingan teknis dalam proses pengolahan buah Nanas khususnya Nanas Madu menjadi produk makanan dan minuman diharapkan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat yang nantinya dapat menjadi salah satu produk unggulan Desa serta memiliki nilai tambah dan menambah penghasilan keluarga," jelas Ferdinan Junarko.

Ferdinan Junarko mengatakan, atas nama pemerintah Daerah mengucapkan terimakasih atas program CSR yang dilaksanakan PT. MKM sebagai bentuk tanggung jawab sosial untuk membina SDM di Kabupaten Kapuas, khususnya di Desa Tarung Manuah.

"Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan sehingga pelaku usaha industri pengolahan di Desa ini dapat terus berkembang dan mandiri serta hasilnya dapat diterima di pasar baik lokal, nasional bahkan internasional.Pesan kami agar kelompok masyarakat yg telah mengikuti Bimtek ini dapat terus menerapkan pengetahuan yg didapat secara terus menerus sampai menemukan formulasi yg tepat dan menghasilkan produk olahan yang berkualitas dan mutu yang baik yg akhirnya mampu mengakat nama Kabupaten Kapuas secara khusus Desa Tarung Manuah," jelas Ferdinan Junarko.

Berita Terbaru