Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Fraksi Golkar Soroti Penurunan Kinerja Pemkab Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 11 Juli 2023 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur menyoroti penurunan kinerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotim. 

"Secara eksternal harusnya kondisi ekonomi semakin baik, karena badai Covid 19 telah berakhir, telah terjadi pelonggaran besar dan situasi sosial ekonomi sudah mendekati pada kondisi normal, namun faktanya terjadi penurunan kinerja," kata Sekretaris Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur Abdul Kadir, Selasa, 11 Juli 2023.

Hal itu juga ia sampaikan saat rapat paripurna penyampaian pemandangan umum rancangan peraturan daerah (raperda)  tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kotim.

Penurunan kinerja itu dinilai dari realisasi PAD tahun 2021 dan 2022. Bahwa realisasi PAD tahun 2022 hanya mencapai 53,46% atau hanya Rp303 miliar dari rencana Rp566 miliar sekian. 

Sedangkan tahun 2021 pencapaian PAD sebesar 66,29% dengan jumlah angka capaian Rp327 miliar dari target hanya Rp493 miliar yang lebih kecil. Data tersebut menunjukkan realisasi PAD 2022 lebih kecil padahal target pendapatannya lebih besar. 

"Secara kuantitatif capaian angka-angka yang disebutkan dalam laporan baik capaian target anggaran maupun daya serap anggaran perlu menjadi perhatian kita bersama," ujarnya. 

Fraksi Golkar berpendapat, jika dilihat dari aspek perencanaan perlu dilakukan pencermatan dalam menentukan target capaian serta kerja yang lebih jelas perhitungannya. (DEWI PATMALASARI/Y) 

Berita Terbaru