Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Gubernur Kalteng Resmikan Patung Tjilik Riwut di Katingan, Begini Responnya

  • Oleh Abdul Gofur
  • 20 Juli 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo meresmikan patung pahlawan nasional yang juga Gubernur Kalteng pertana Tjilik Riwut di Kasongan, Kabupaten Katingan, Kamis, 20 Juli 2023.

Peresmian patung Tjilik Riwut di obyek wisata Bukit Batu, Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir tersebut merupakan rangkaian peringatan HUT ke-21 Kabupaten Katingan ditempat tersebut hari ini.

"Hari ini kita melihat sebagai bentuk penghargaan kepada para pendiri Kalimantan Tengah, di sini juga di Bukit Batu dibangun monumen patung Tjilik Riwut, pendiri Kalimantan Tengah. Saya kira ini sebuah monentum yang sangat baik sekali untik mengenang, artinya kita tidak melupakan sejarah Kalimantan Tengah," ujar Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Edy Pratowo.

Edy menuturkan di Desa Bukit Batu Katingan ini dulunya Tjilik Riwut merenungkan dan mendapatkan inspirasi untuk pembangunan Kalimantan Tengah. 

"Saya kira tentu harus dilanjutkan pembangunan - pembangunan yang sudah ada , dan kami yakin kepemimpinan Pak Sakariyas dan Pak Sunardi akan membawa Katingan lebih maju untuk di masa akan datang," tambah Wagub Kalteng, Edy Pratowo.

Bupati Katingan, Sakariyas mengatakan sebelum membangun monumen patung Tjilik Riwut itu, pihaknya telah lebih dulu melakukan koordinasi dengan keluarga dan anak-anak dari pahlawan nasional tersebut, dan mereka menyetujui dibangun patung Tjilik Riwut di obyek wisata Bukit Batu yang dulunya merupakan tempat pertapaan Gubernur Kalteng pertama dimasa penjajahan.

"Ini sebagai bentuk Pemerintah Kabupaten Katingan mengenang dan memberi penghargaan kepada pahlawan nasional sekaligus Gubernur Kalteng pertama, Pak Tjilik Riwut," kata Bupati Sakariyas.

Peresmian patung Tjilik Riwut hari ini, kata Bupati juga dihadiri sejumlah anak dari Tjilik Riwut.

Ornamen patung Tjilik Riwut tampak terlihat gagah dengan berdiri sambil memegang senjata laras panjang di atas batu besar. (ABDUL GOFUR/H)

Berita Terbaru