Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kelayakan Sarpras Dinilai Berpengaruh terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan

  • Oleh Donny Damara
  • 04 September 2023 - 20:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua DPRD Kalteng Wiyatno menilai kelayakan sarana dan prasarana (sarpras) sangat berpengaruh terhadap peningkatan kualitas pendidikan, oleh karena itu keberadaan sarpras pendidikan harus bisa diperhatikan.

Wiyatno mengungkapkan, dalam pelaksanaan reses perseorangan di Kabupaten Kapuas, tepatnya di SMAN 1 Basarang dan SMKN 1 Kuala Kapuas. Dirinya menemukan masih banyak sarpras sekolah seperticgedung, ruang guru, ruang kelas, dan lainnya memerlukan banyak perbaikan.

"Hasil reses ini diharapkan bisa menjadi bahan evaluasi untuk ditindak lanjuti oleh pemda sebagai bentuk komitmen untuk memastikan bahwa fasilitas pendidikan di wilayah tersebut dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik," ucapnya, Senin, 4 September 2023.

Dikatakannya, ada 10 titik SMA sedarajat dibawah yurisdiksi provinsi, khususnya di daerah pemilihan V yang perlu dilakukan peningkatan dari segi sarpras. Diharapkan hal itu bisa menjadi perhatian pemerintah dan bisa diakomodir sebelum pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2024.

"Kami harap, usulan ini bisa ditindak lanjuti dan direalisasi. Sebab, tujuan utama dari upaya ini yaitu untuk meningkatkan kualitas tingkat pendidikan yang berada dalam kewenangan provinsi, dan harapan kita juga sebelum pembahasan APBD Tahun 2024 sudah ditinjau langsung dengan kondisi riil," ujarnya.

Di sisi lain, Wiyatno juga berinteraksi dengan siswa-siswi kelas XI dan XII di kedua sekolah tersebut dalam rangka mendorong partisipasi generasi muda selaku pemilih pemula untuk mendukung pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) serentak 2024 mendatang.

"Mereka merupakan pemilih pemula yang memiliki potensi besar dalam menentukan arah politik dan pemilihan umum di masa mendatang. Dari sini saya menyemangati mereka untuk menggunakan hak pilih dengan bijak dalam pemilihan legislatif, kepala daerah, dan presiden tahun 2024 nanti," tandasnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru