Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Walaupun Libur Semester TPS di UPR Tetap Ada

  • Oleh Marini
  • 14 September 2023 - 08:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Universitas Palangka Raya (UPR) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tetap ada meskipun di waktu tersebut merupakan libur semester.

Dijdawalkan pada Rabu, 14 Februari 2024 merupakan pemilu untuk memilih Presiden dan Wakil Presiden dan Memilih Calon Anggota Legislatif (Anggota DPR RI, DPRD dan DPD RI).

Bertepatan dengan jadwal libur semester mahasiswa, hal ini disampaikan langsung oleh Rektor UPR Salampak Dohong mengutarakan hal ini tentu membuat tingkat partisipasi mahasiwa menjadi rendah.

"Waktu itu KPU ada yang minta namun ada juga aturan menyatakan tidak harus seperti itu. Kita itu masih libur, ketika kita buka TPS kunjungan juga rendah karena ada libur semester," ucapnya, saat diwawancara awak media, Rabu, 13 September 2023.

Ia mengutarakan tahun sebelumnya dilaksanakan pada saat tidak libur semester, namun tahun 2024 sesuai kalender akademik bertepatan dengan libur semester mahasiswa.

Walaupun libur semester, pihaknya tetap mengadakan TPS bagi mahasiswa yang ingin mencoblos menggunakan hak suaranya. TPS tersebut berkoordinasi dengan pihak KPU yang mengakomodir.

"Tetap memfasilitasi bagi mahasiswa yang tidak pulang kampung. Untuk TPS berada di area kampus. Dan TPS tetap ada, tapi tidak menambah TPS," bebernya.

TPS selain untuk mahasiswa disediakan juga untuk masyarakat yang berada di area UPR, terkait jumlah Salampak mengatakan masih belum tau cukup pasti totalnya.

Berbeda halnya dengan melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada hari Senin, 27 November 2024. Ia menyatakan akan melaksanakan koordinasi lebih lanjut kepada pihak penyelenggara seperti KPU. (MARINI/J)

Berita Terbaru