Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Dorong Pemanfaatan Produk Lokal

  • Oleh Marini
  • 26 September 2023 - 22:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Freddy Ering mendorong pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk memaksimalkan pemanfaatan produk lokal, salah satunya rotan.

"Pemanfaatan produk lokal di Kalteng ini menjadi langkah yang strategis. Saya memberikan dorongan kepada pemerintah daerah untuk terus berkembang serta mampu lebih produktif dalam menghasilkan produk yang berkualitas," ucapnya, Selasa, 26 September 2023.

Semisalnya, dalam pengadaan barang dan jasa, dirinya berharap pemerintah bisa memprioritaskan produk lokal yang bahan baku dari alam. Yang dibuatkan dalam daerah Kalteng. Hal ini sebagai pelestarian kekayaan alam yang ada di Bumi Tambun Bungai ini. Kemudian, ia menginginkan produk lokal semakin berkembang seiring perkembangan jaman.

"Pemanfaatan produk lokal dalam pengadaan barang dan jasa merupakan suatu kewajiban bagi instansi pemerintahan. Hal itu sudah tertuang dalam perundang-undangan tekait penggunaan produk dalam negeri (PDN)," jelasnya.

Ia memberitahukan, tentu hal tersebut terdapat dalam Pasal 85-89 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014, tentang Perindustrian yang dilakukan sesuai besaran komponen dalam negeri pada setiap barang atau jasa yang ditunjukkan dengan nilai Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

"Pemanfaatan produk lokal, jadi upaya mengurangi impor pada bidang industri, dan juga menguatkan gerakan cinta produk dalam negeri, serta dapat melestarikan produk-produk ciri khas kita seperti kerajinan dari rotan," tandasnya. (MARINI/H)

Berita Terbaru