Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

PAD Sektor PBB-P2 di Palangka Raya Masih Rendah

  • Oleh Hendri
  • 03 Oktober 2023 - 12:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada sektor Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB P2) di Kota Palangka Raya masih rendah karena jauh dari target yang ditetapkan.

Hingga Agustus 2023, hanya berhasil terkumpul sekitar Rp8,9 miliar atau hanya mencapai 36,06 persen dari target sebesar Rp24,9 miliar.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Emi Abriyani, mengungkapkan angka realisasi ini didapatkan dari Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) PBB tahun 2023.

Hal ini menandakan bahwa masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk mencapai target yang belum terpenuhi sebesar 63 persen.

"Untuk mengatasi permasalahan ini, BPPRD akan terus berupaya mengoptimalkan penagihan pembayaran PBB P2 yang belum dilakukan oleh wajib pajak," katanya, Selasa, 3 Oktober 2023.

Salah satu langkahnya adalah dengan meningkatkan sosialisasi pembayaran melalui berbagai kanal yang tersedia.

Masyarakat akan lebih mudah membayar pajak melalui kantor pos dan Bank Pembangunan Daerah Kalteng melalui aplikasi Betang Mobile.

Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan pendataan untuk menambahkan kanal pembayaran PBB P2.

Langkah-langkah ini diharapkan akan mendorong kesadaran masyarakat dalam membayar pajak tepat waktu, sehingga terhindar dari beban denda akibat keterlambatan. (HENDRI/H)

Berita Terbaru