Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lulusan SMK Diminta Mampu Hadapi Tantangan Dunia Usaha

  • 17 April 2016 - 19:31 WIB

WAKIL Bupati Barito Timur Suriansyah menginginkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) meningkatkan eksistensinya sebagai wadah pembelajaran yang menanamkan nilai positif sekaligus bekal bagi siswanya menghadapi tantangan dunia usaha yang membutuhkan ketrampilan dan kreativitas.

Dirinya menilai pendidikan yang disesuaikan minat dan bakat yang  diasah selama tiga tahun dalam pendidikan tersebut juga sangat bermanfaat bagi penentuan peluang kerja, apakah digunakan untuk bekerja sebagai karyawan atau membuka usaha sendiri. 

'SMK memiliki peluang mencetak wirausahawan handal di daerah. Pasalnya selama menjalankan program belajar mengajar, lembaga pendidikan tersebut memberikan peserta didik bekal berbentuk ketrampilan yang bermanfaat sebagai bekal masuk dunia kerja,' kata Wabup di sela kegiatannya, belum lama tadi. 

Dirinya menjelaskan, sektor wirausaha memiliki prospek berkembang. Hal ini karena pertambahan penduduk dan peningkatan aktivitas ekonomi secara langsung turut meningkatkan kebutuhan akan barang ataupun jasa.

Pemerintah sendiri, lanjut Suriansyah, terus mendukung pengoptimalan potensi siswa di sekolah kejuruan. Selama ini pihaknya memanfaatkan kesempatan Masa Orientasi Siswa (MOS) untuk menumbuhkan pengetahuan pelajar mengenai potensi wirausaha di kabupaten. 

Kegiatan itu, dinilai efektif untuk menumbuhkan semangat kemandirian usaha, yakni merancang, menentukan, lalu menyiapkan, kemudian menjalankan dan mengendalikan usaha sejak bangku sekolah.

'Kita ingin meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta menyiapkan bekal dini kepada mereka supaya siap menghadapi persaingan dunia usaha di masa mendatang,' tandasnya. (Tbs/B-5)

Berita Terbaru