Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tingkatkan Produksi Pertanian di Kobar Lewat Bantuan Alsintan Gratis

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 16 Oktober 2023 - 20:20 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Dalam rangka meningkatkan sektor pertanian di wilayah Kalimantan Tengah, termasuk di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), petani di daerah diberikan alat mesin pertanian (Alsintan) secara gratis.

Bantuan Alsintan aspirasi dari Anggota DPR RI Bambang Purwanto tersebut, diterima secara langsung oleh perwakilan kelompok tani yang ada di Kobar, di halaman Kantor Dinas Pertanian Kobar, pada Senin, 16 Oktober 2023.

Beberapa Alsintan yang diberikan diantaranya, berupa Kendaraan Roda Tiga 2 Unit, Traktor Roda Dua 10 Unit, Cultivator 10 unit dan Elektrik Hand Sprayer 14 Unit.

Bambang Purwanto Politisi dari Partai Demokrat ini mengatakan, bahwa pemberian Alsintan ini dilakukan di beberapa daerah di Kalimantan Tengah. Untuk di Kobar sendiri, ini sudah yang keempat kalinya.

"Ini pembagian alat mesin pertanian yang keempat di Kotawaringin Barat. Jadi, kami berupaya untuk membantu alat mesin pertanian kepada petani - petani kita untuk meningkatkan kinerja para petani sehingga produktifasnya semakin meningkat," kata Bambang Purwanto.

Selain pemberian Alsintan, petani juga diberikan bimbingan teknis, sesuai dengan bidangnya. Karena saat ini dunia pertanian terus berkembang dan semakin modern.

"Karena jenis penyakit pada tanaman terus berkembang. Kemudian, kualitas tanaman juga terus berkembang sehingga pengetahuan petani kita juga harus ditingkatkan, sehingga menjadi petani yang modern," tuturnya.

Mantan Bupati Kobar ini mengungkapkan, bahaa secara umum petani yang sudah diberikan bantua  Alsintan semakin meningkat produktifitasnya, sehingga manfaat Alsintan sangat luar biasa.

Disamping itu juga, dengan mekanisasi dibidang pertanian, dapat menarik minat generasi muda untuk terjun di dunia pertanian.

"Kalau menggunakan meskanisasi generasi muda juga mau. Sudah ada contohnya di Sampit, Palangka Raya dan Kapuas, sudah mulai anak - anak muda turun ke dunia pertanian. Tentu ini sangat menggembirakan bagi kami," sebutnya.

Berita Terbaru