Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Harga Ikan Laut di Kalteng Diperkirakan Naik

  • Oleh Testi Priscilla
  • 01 Desember 2023 - 11:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Harga ikan laut mengalami kenaikan. Pantauan Borneonews di Pasar Rajawali, Palangka Raya, aneka produk laut seperti ikan, udang, cumi, dan kerang mengalami kenaikan harga.

"Naik tapi tidak banyak, sedikit saja kenaikannya. Ini karena pasokannya juga agak tersendat," kata Adli, salah seorang pedagang di Pasar Rajawali pada Kamis, 30 November 2023.

Pantauan Borneonews, udang laut yang ukurannya sedang dibanderol dengan harga Rp85.000 per Kg, naik dari harga Rp80.000 dari hari sebelumnya.

Meskipun harganya naik, ukuran udang yang dijual adalah udang yang sebelumnya dihargai Rp70.000 per Kg di Pasar Rajawali, Palangka Raya.

"Udang besarnya belum ada, yang paling besar yang ukuran sedang ini saja harganya Rp85.000 per Kg, lalu ada Rp80.000 dan yang paling murah itu yang paling kecil Rp60.000 per Kg, naik juga. Sebelumnya kan Rp55.000 yang paling kecil itu," tuturnya lagi.

Sementara itu, Irene, salah seorang pembeli di pasar tersebut mengaku tetap membeli produk laut meskipun harganya lumayan mahal.

"Tetap beli tapi saya kurangi saja porsinya. Kalau biasa beli sekilo ya sekarang beli setengah kilo saja. Suka soalnya, jadi tetap beli," tuturnya.

Akibat langkanya udang laut ukuran besar, para pedagang pun mengakali penjualan dengan menyediakan udang galah tambak berukuran besar bahkan jumbo.

Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap udang ukuran besar yang tidak bisa dipenuhi dari produk laut. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru